Sunday, July 08, 2007

Menulis Nyok

Ada dua orang penulis yang selalu menginspirasi semangat gue untuk menulis:

Andreas Harsono, jurnalis senior Pantau; setiap hari dia mendisiplinkan dirinya untuk menulis selama lima jam, dari jam 7-12 siang. Harus kata dia. Terus dia pernah bilang, belum sempurna seorang jurnalis kalau dia belum menulis.

Andrew Marshall, senior journalist of TIME Magazine; disiplinkan dirimu untuk menulis minimal dua jam setiap hari. Begitu bangun tidur, buka komputer, dan tulis apapun yang bisa ditulis walaupun cuma sekedar diary.

Terima kasih untuk semua saran dan dukungannya. Sekarang gue sedang mencoba mendisiplinkan diri untuk menulis minimal 1 halaman Perhari haha ha ha. Maaf gue belum bisa mendisiplinkan diri sebanyak kalian karena gue belum menjadi penulis sungguhan. Masih coba-coba.

Tapi mas Andreas dan Andrew, hari ini Minggu 8 Juli 2007, artikel gue dimuat loh di Jakarta Post Sunday. Buka halaman 20, bagian MOSAIC, satu halaman penuh, artikel Nita Roshita plus empat foto huhuhuhu.... saya menulis, saya menulis.

Thai Muslims in Yogya live under suspicion

Nita Roshita, Contributor, Yogyakarta, Pattani, Southern Thailand.

It takes almost half a day's journey for Muslim Thai students to travel to study at Gadjah Mada University (UGM), Yogyakarta. They also had to work hard to earn their degree. During that time, they were under the surveillance of the Royal Thai government concerned about whether they were being radicalized in Indonesia.

http://www.thejakartapost.com/detailfeatures.asp?fileid=20070708.S01&irec=32

Ini adalah awal dari perjalanan panjang aksi tulis menulis kedepan. Ada sebuah novel yang menunggu dilanjutkan dilaptop. Okeh boleh cela gue, koq novel? Karena gue ingin menumpahkan idealisme dalam sebuah media pop, novel. Kata Tariq Ali "semakin seorang menjelajahi kehidupan batin yang dibayangkan dari tokoh-tokohnya, kian penting dia mesti bersetia pada fakta-fakta dan peristiwa-peristiwa historis."

Jadi tak akan beda menulis novel dengan menjadi jurnalis, fact is the key. Menulis adalah segalanya dimana pun kamu berada, apapun yang kamu kerjakan. Menulis adalah konsep dari keseluruhan kerja dalam bentuk apapun, entah itu skrip iklan, term of reference atau sekedar menulis diary untuk mengenang setiap moment dalam kehidupan pribadi.

Jadi jangan malas menulis yah. Dari tulisan kamu hidup, dikenal bahkan dikenang. Mba google akan menjadi laci aman menyimpan semua hasil tulisan kamu dikemudian hari.

No comments: