Friday, May 07, 2010

demi sampah elektronik

saya tahu persis R32 IBM Thinkpad buatan 2002 ini sudah tak mengikuti zaman, tak ada label Energy Star sebagai salah satu penanda hemat energi. beneran ini laptop boros energi. DDR 1 cuma 256 MB yang kemudian berhasil saya upgrade jadi 1 GB tahun lalu, itupun sampai ngos-ngosan nyari memory untuk laptop jadul ini. sudahlah, laptop ini mesti pensiun.

tapi saya cinta sekali dengan laptop pertama saya ini, yang sebenarnya saya beli secondhand diantar hilman beli di Jakartanotebook.com di Taman Anggrek 2006. uangnya hasil pinjaman koperasi ditambah sedikit dari hasil menang lomba jurnalistik FNS 2006. tak ada yang bersedia meminjamkan laptop ketika saya harus ke Jerman meliput Piala Dunia ketika itu, padahal harus setiap hari setoran berita dan mini ficer. akhirnya saya beli laptop ini, membawanya 3 kg setiap hari dipunggung.

sampai sekarang R32 ini masih bisa saya pakai setiap hari lebih dari 18 jam. saya tinggal di laci meja kantor pun tak ada yang sudi mencuri hihii, padahal di laptop ini rancangan hidup dan kantor bergantung.

sudah kali kedua saya nyaris beli laptop baru, tapi selalu gagal. bukan tak ada uangnya tapi saya pikir selama laptop jadul ini masih bisa digunakan toh tak ada masalah. daripada nambah sampah elektronik seperti yang dilakukan banyak orang.

sampai ketika saya menemukan casing keyboard laptop ini patah :-(.saya pikir kematian laptop ini tinggal menunggu hitungan hari. lalu saya pontang panting. beli HD 320 gb toshiba harga 740 ribu rupiah. loh loh,... dasar laptop tua, HD ga bisa masuk, USB portnya kalah canggih. lalu saya beli kabel data 2 kepala USB 50 ribu dan USB Hub 60ribu, sapa tahu laptop tua ini masih bisa bekerja dengan banyak bantuan. ternyata GA :'(

saya sudah kehabisan akal untuk mempertahankan keberadaan laptop tua ini. tapi masih harus menunggu sampai akhir bulan untuk bisa beli Ideapad Lenovo senilai 3,8 jt rupiah. itung itung saya sudah habis 1 juta rupiah untuk bertahan dengan R32 tercinta ini. cinta berat diongkos :-(

4 comments:

sal said...

salam ziarah.Nice entry.

sal said...

salam ziarah..banyak menulis..teruskan usaha..

b.r.u.t.a.l.s.o.l.o said...

huh mahalnya juta juta gitu
nice

Kak Wan Kamsiah said...

Salam perkenalan....aku baru dalam penulisan blog...kalau ada idea untuk dikongsi...ya..terima kasih.