Monday, December 26, 2011

Berbagi Resep Sehat


Seperti ketika mood itu datang, saya akan segera ke dapur dan memasak. Bisa jadi memanfaatkan bahan yang ada atau menyediakan waktu belanja ke supermarket atau pasar tradisional. Di antara resep yang pede saya bagi ke anda adalah ayam goreng yang lebih dulu diungkep dan salad sayur sederhana. 

Kebetulan kemarin belanja sayuran organic dari perkebunan organic Sarongge yang jadi bagian program pemberdayaan masyarakat Green Radio. Dalam belanjaan itu ada wortel yang manisnya luar biasa, jarang banget nemu wortel yang manis dan tak bau “langu” saat di jus atau dimasak. Ada juga jagung baby dan salada merah dan putih. 

Saya cuma chef pemula, rumahan dan moody-an *halah* tapi berbagi resep ga pernah ada ruginya. Sayang juga ga disertai foto, maaf yak… sila mencoba. 

Ayam Goreng / ungkep
1 ayam kampung (bagi aja terserah selera 4,6 atau 8)
400ml susu segar tawar*
1 batang sereh
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
Garam

Dihaluskan
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
5 kemiri
1 sendok teh ketumbar
Jinten secukupnya
Gula merah secukupnya

Cara memasak
Tumis bumbu yang dihaluskan, aduk hingga harum. Masukkan ayam potong, aduk. Masukan dedaunan, lengkuas dan jahe. Sudah tercium harum, guyurkan susu hingga merendam permukaan ayam. Tambahkan garam secukupnya dan gula pasir sesuai selera. Masak hingga ayam empuk dan mendidih. Dinginkan..
Ayam bisa digoreng.
Catatan:
**untuk sajian sehat tentu saja tak perlu digoreng lagi ayamnya, karena ungkep-an sudah bisa dinikmati bersama kuahnya.
*Susu tawar ini bisa diganti dengan santan 500ml dari ½ kelapa muda. Tapi susu lebih gurih (kembangan dari saya sendiri loh *sombong*)

Salad Sayur
Bahan :
Wortel
Jagung manis
Salada merah/putih
Tomat
Sepotong jeruk nipis
Minyak zaitun
Garam
Lada

Penyajian :
Wortel dipotong korek api dan jagung manis pipilan direbus sebentar, jika suka biarkan dia mentah. Campurkan dengan sayuran lainnya, lalu guyur dengan jeruk nipis, minyak zaitun. Tambahkan sedikit sekali garam dan lada… sajikan deh… seger.

No comments: